Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak Terlengkap Beserta Gambar
Cara kerja mesin motor 4 tak terlengkap beserta gambar – Sepeda motor yang dijual di Indonesia biasanya ditawarkan dalam dua jenis mesin yaitu system pembakaran 2 tak dan 4 tak. Kedua mesin tersebut cara kerjanya berbeda-beda.
Kebanyakan, motor-motor yang ditawarkan saat ini menggunakan jenis mesin 4 tak. Karena motor 2 tak sudah dibatasi pergerakannya oleh pemerintah, dikarena masalah emisi karbon yang dihasilkan oleh sistem pembakaran.
Karena hal itu, bisa dibilang 4 tak merupakan pengganti dari 2 tak. Pasalnya 2 tak tidak mampu memenuhi regulasi pemerintah di berbagai negara, termasuk Indonesia dalam hal emisi gas buang.
Karena hal tersebut penggunaan motor 4 tak kini lebih diminati, khususnya untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Untuk konsumsi bahan bakarnya pun system pembakaran motor 4 tak lebih efisien. Dan yang lebih penting penting lagi, emisi gas buang yang dihasilkan lebih lebih sedikit.
Sepeda motor yang berevolusi dari 2 tak ke 4 tak juga cukup banyak. Sebagai contoh Kawasaki Ninja produksi lokal. Dulunya menggunakan mesin 2 tak dengan kapasitas silinder 150 cc, kini berganti jadi 4 tak dengan kapasitas silinder 250 cc. Begitu juga sujuki mengalami hal yang serupa dengan Ninja.
Penasaran kan dengan pengertian mesin 4 tak dan cara kerjanya. nah, mari kita bahas bersama sama cara kerja mesin motor 4 tak terlengkap beserta gambar berikut.
Pengertian Mesin 4 Tak
Mengenal lebih dalam tentang pengertian motor 4 tak atau 4 langkah, kita bisa memulai dari namanya. Motor 4 tak merupakan mesin pembakaran yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston.
Saat ini, mesin pembakaran dalam sepeda motor umumnya menggunakan siklus empat langkah. Cara kerjanya diantarnya langkah hisap (pemasukan), langkah kompresi(tekanan), tenaga dan langkah buang, yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol per satu siklus pembakaran mesin.
Jadi yang perlu kamu ingat, motor 4 tak merupakan kata lain dari 4 langka.
Diera modern ini bahkan mesin 4 tak biasanya dipasangkan dengan sistem penyemprotan bahan bakar injeksi. Hal ini untuk membuat emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan dan system pembakarrannya lebih efisien dari pada system penyemprotan manual karbulator.
Akan tetapi di Indonesia belum semua motor menerapkan sistem injeksi. Alasannya adalah karena masih banyak peminat motor dengan sitem Karbulator, dan juga Karena tidak ada larangan dari pemerintah di Tanah Air untuk hal tersebut.
Ada beberapa alasan utama masih maraknya penggunaan karbulator, karena Karburator punya cara kerja yang sangat sederhana dan minim intervensi teknologi komputer. Alhasil ketika terjadi kerusakan, lebih mudah untuk melakukan perbaikan. Harga komponen karburator juga terbilang sangat murah.
Kembali lagi ke mesin 4 tak. Anda pasti sangat penasaran dengan Cara kerja mesin motor 4 tak terlengkap beserta gambar, terlebih kamu juga mungkin memakai kendaraan jenis ini.
Oleh karena itu dengan memahami cara kerjanya, kamu akan bisa lebih memahami motormu. Lalu kalau terjadi sesuatu, setidaknya kamu punya pengetahuan dasar untuk melakukan perbaikan.
Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak
Seperti dijelaskan sebelumnya, kerja mesin motor 4 tak terdiri dari hisap, kompresi, tenaga dan buang. Seluruh langkah tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk menghasilkan dorongan tenaga.
Dari hasil pembakaran mesin empat tak inilah tenaga kemudian didistribusikan ke transmisi, yang kemudian menggerakkan roda motor. Sampai akhirnya bisa melaju.
Mau tahu lebih lengkap soal cara kerja motor 4 tak, berikut pembahasan detail langkah-langkahnya:
-
Langkah Hisap (Intake)
Proses hisap pada mesin 4 tak, klep hisap membuka dan piston turun untuk menghisap campuran udara dan bahan bakar. Selanjutnya, bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder mesin motor. Banyaknya jumlah bahan bakar yang terbakar dalam proses pembakaran sangat berpengaruh pada besar kecilnya tenaga mesin.
Prosesnya adalah piston akan bergerak dari titik mati atas menuju titik mati bawah. kemudian klep In terbuka dan klep Ex akan tertutup sehingga bahan bakar akan masuk ke silinder.
Kruk as akan berputar 180°, noken as berputar 90°. Selanjutnya tekanan negatif piston menghisap kabut oleh karburator akan terhisap melalui intake port.
-
Langkah Kompresi (Compression)
Tujuan langkah ini pada mesin 4 tak adalah untuk meningkatkan temperature sehingga campuran bahan bakar dan udara jadi senyawa yang bertekanan.
Cara kerjanya adalah piston dari titik mati bawah ke titik mati atas, klep in menutup dan klep Ex tertutup. Alhasil udara atau gas dalam ruang bakar telah terkompresi.
Ini terjadi saat kruk as mencapai satu rotasi penuh (360°), noken as mencapai 180°.
-
Langkah Tenaga (Combustion)
Kerja mesin 4 tak selanjutnya dimulai dengan menyalakan busi yang membakar bahan bakar dan udara terkompresi. Proses itu akan menyebabkan ledakan yang akan mendorong piston turun ke silinder titik mati bawah.
Gerakan linier itu di ubah menjadi gerak rotasi oleh kruk AS yang kemudian diteruskan menuju flywheel. Prosesnya adalah terjadinya ledakan diruang bakar yang kemudian menyebabkan piston terlempar dari titik mati menuju titik mati bawah. Ini lah yng menghasilkan tenaga agar mesin dapat terus berputar.
Ketika klep in tertutup, menjelang akhir langkah klep buang mulai sedikit terbuang. Melalui proses ini terjadi transformasi energi bolak balik piston menjadi energi rotasi kruk AS. Putaran kruk AS bisa mencapai 540° dan putaran noken AS mencapai 270°.
-
Langkah Buang (Exhaust Emission)
Setelah terjadi proses pembakaran pada motor 4 tak, mengharuskan gas bakar wajib terbuang. Piston dari TMB naik lagi ke atas alias TMA dibarengi dengan klep buang membuka.
Sehingga gas hasil pembakaran tersebut terbuang ke knalpot. Pada proses buang ini, piston akan naik dari titik mati bawah ke titik mati atas. Selanjutnya menghasilkan setengah putaran kruk as atau 180 derajat.
Siklus kerja mesin 4 tak terus berulang hingga pengendara motor mematikan kunci kontak dan tidak ada percikan api busi sehingga mesin mati.
Jadi bagaimana sudah tahukan pengertian motor 4 tak dan cara kerja motor 4 tak? Kalau masih belum jelas juga, coba ikuti penjelasan di bawah.
Penjelasan Lengkap Mesin Motor 4 Tak
Di siklus atau cara kerja mesin 4 tak dalam menghasilkan tenaga, butuh 4 langkah. Keempat langkah tersebut yakni hisap, kompresi, kerja dan buang. Satu kali siklus motor 4-tak terjadi putaran kruk sebanyak 2 kali.
Putaran kruk as 2 kali itu dari langkah hisap (setengah putaran) + langkah kompresi (setengah putaran) + langkah tenaga (setengah putaran), dan langkah buang (setengah putaran).
Bila dikalkulasi secara keseluruhan, dalam 2 kali putaran kruk as atau 360 derajat, mesin motor 4 tak menghasilkan satu kali power untuk menjalankan semua langkah langkah tersebut. Ini lah proses yang terjadi terus menerus.
Jadi begitulah cara kerja mesin motor 4 tak terlengkap beserta gambar yang dapat saya share, semoga teman teman sudah paham ya.
Terimakasih sudah mengikuti konten cara kerja mesin motor 4 tak terlengkap beserta gambar kali ini sampai jumpa di konten selanjutnya.
Baca juga : Jual Sparepart Motor Roda Tiga
Leave a Reply